Program Pendukung


Komisi PSE juga memiliki program pendukung yang terintegrasi dengan 2 prioritas program yaitu:

1. Bantuan Sosial Karitatif dan Transformatif

Komisi PSE menyalurkan bantuan sosial karitatif yang dikoordinir oleh Seksi Sosial Paroki diberikan kepada perorangan yang masuk dalam kategori miskin, dengan sifat bantuan langsung. Misalnya bantuan kepada korban bencana, biaya pengobatan orang sakit dan perbaikan rumah.

Komisi PSE juga menyalurkan bantuan sosial transformatif atau pemberdayaan yang dikoordinir oleh Seksi Sosial Paroki diberikan kepada perorangan atau kelompok yang masuk dalam kategori mau dan mampu diberdayakan, termasuk pelaku usaha kecil yang membutuhkan modal usaha kecil, peternakan atau pertanian organik.

Bantuan sosial karitatif dan transformatif dapat diajukan oleh Seksi Sosial Paroki dengan mengajukan proposal yang direkomendasi oleh Pastor Paroki.

Secara khusus, pelayanan sosial dalam bencana dilaksanakan oleh Karina Keuskupan Surabaya yang memiliki visi: menjadi lembaga pelayanan sosial yang mewujudkan kesejahteraan bersama korban bencana dengan misi: tanggap darurat bencana dengan pengarusutamaan pengurangan resiko bencana, peningkatan kapasitas serta penggalangan jejaring dan dana.

Referensi: Karina Posko Madiun, Karina Posko Pare

Kontak person: Sdr. Hanny Hendra Wardhana, Bp. Edi Loke, Rm. A. Luluk Widyawan

2. Informasi Komunikasi

Sarana informasi dan komunikasi karya sosio pastoral, buletin Warta PSE. Buletin terbit setiap bulan sekali sebagai media saling berbagi dan mendukung dalam karya. Buletin didistribusikan kepada Seksi Sosial Paroki, komunitas-komunitas dan jaringan sosio-pastoral di Keuskupan Surabaya dan berbagai wilayah di Indonesia

Kontak person: Bp. Edi Loke